Selasa, 30 Maret 2010

Narkoba Maut Bagi Generasi Muda

Akhir-akhir ini kembali mencuat ke permukaan tentang penyalahgunaan Narkotika, Alkohol dan Zat Aditif lainnya yang biasa disingkat dengan NAZAyang sekarang lebih popular dengan nama Narkoba. Setelah korban demi korban berjatuhan sebagaimana diberitakan media massa, baik media cetak maupun madia elektronik yang kita lihat setiap harinya. Yang lebih memprihatinkan adalah, bahwa 70% korban penyalahgunaan NAZA/Narkoba adalah remaja dan dewasa muda umur 15-30 tahun, yaitu mereka yang masih dalam usia sangat produktif yang merupakan sumber daya manusia atau asset bangsa yang memiliki masa depan gemilang, penerus kemerdekaan, penentu masa depan umat dan bangsa, tetapi akhirnya mereka hanya mennggapai sebuah negeri mimpi penuh hayalan. Yang menyebabkan mereka manusia-manusia mati sebelim ajal menjemput, ibarat “pohon-pohon yang berdiri kaku yang tak sanggup lagi melambaikan daun ditiup angan sepoi dan burung pun enggan untuk hinggap karena tiada daun untuk berlindung membuat sarang dan tiada harapan mencari makanan.
Itulah perumpamaan bagi orang yang terjerat dan terjerumus ke lembah Narkoba. Siapapun yang melihatnya hanya dapat menelan ludah, melahirkan sebuah belas kasih penyesalan dan rasa haru yang dalam melihat sebuah kenyataan bahwa Narkoba hanya membawa kematian masa depan dan citi-cita serta mempercepat kematian jiwa dan raga secara menyeluruh. Mereka telah kehilangan “Student today leader tomorrow” atau “Syababul Yaum imamul gadi”, pemuda hari ini pemimpin hari esok.
Berbicara mengenai Narkoba sangat erat kaitannya dengan yang namanya khamar. Kaklau kita merujuk pada pengertiannya dimana khamar adalah segala sesuatu yang sifatnya menutupi akal pikiran, memabukkan, haram, tidak suci dan sangat dicela oleh Allah dan Nabi Muhammad SAW hingga akhir masa.
Dari semua sifat-sifat khamar diatas semuanya dimiliki oleh Narkotika. Dengan demikian maka Narkoba hukumnya sama dengan Khamar yaitu haram, dan orang yang mengkonsumsinya mendapat dosa besar, mendapat laknat dan murka di sisi Allah SWT.
Tentang laknat Allah atas peminum khamar dan sejenisnya termasuk Narkoba, Rasulullah SAWpernah bersabda yang artinya:
“Malaikat jibril datang kepadaku lalu berkata: Wahai Muhammad, Allah melaknat minuman keras, pembuatnya, yang membantu membuatnya, peminumnya, penyimpannya, penjualnya, pembelinya, pelayannya dan orang-orang yang dilayaninya.”
Demikian artikel ini semoga ada manfaatnya bagi kita semua.
Assalamu ‘Alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar